Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
PemiluPeristiwa

Perkembangan Terbaru Pemilu 2024, Situasi Kondisi Nasional Aman Terkendali

271
×

Perkembangan Terbaru Pemilu 2024, Situasi Kondisi Nasional Aman Terkendali

Share this article

“Pemilu merupakan harga diri bangsa Indonesia. Untuk itu, kami akan terus melaksanakan koordinasi erat bersama Kementerian dan Lembaga terkait untuk mendapatkan informasi dan perkembangan terkini atas situasi nasional. Serta, terus merumuskan langkah-langkah guna mengantisipasi potensi permasalahan dan kerawanan yang mungkin terjadi,”

Seketika.com, Jakarta – Saat ini, tahapan Pemilihan Umum (pemilu) 2024 tengah berlangsung, khususnya dalam proses rekapitulasi penghitungan suara dan penetapan hasil penghitungan suara oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berdasarkan pemantauan dari Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukan), situasi nasional secara umum masih dapat dikategorikan sebagai kondusif dan aman terkendali.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menyampaikan hal ini dalam sebuah konferensi pers yang diadakan di Kemenko Polhukam, Jakarta, pada Jumat (15/3/2023), terkait pemantauan perkembangan situasi pasca pemungutan suara dan upaya antisipasi terhadap penetapan hasil suara pemilu 2024.

Menko Polhukam menegaskan bahwa tahapan pemilu masih berlangsung dan akan terus dipantau.

“Sesuai dengan informasi dan dari hasil rapat koordinasi, secara umum situasi kondisi nasional masih relatif kondusif dan aman terkendali,” ujarnya.

Selanjutnya, Menko Polhukam mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menjaga proses demokrasi yang sedang berlangsung serta memelihara stabilitas politik, hukum, dan keamanan demi menciptakan suasana yang kondusif dan mewujudkan harmoni dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang semakin stabil dan kuat.