Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
BudayaPeristiwa

Lebih dari 2.000 Delegasi World Water Forum ke-10 Mengikuti Ritual Segara Kerthi di Bali

255
×

Lebih dari 2.000 Delegasi World Water Forum ke-10 Mengikuti Ritual Segara Kerthi di Bali

Share this article
Lebih dari 2.000 Delegasi World Water Forum ke-10 Mengikuti Ritual Segara Kerthi di Bali, Foto: worldwaterforum.org

“Ritual ini bukan hanya pertunjukan bagi pengunjung luar Pulau Bali, tapi merupakan upacara sesungguhnya yang bertujuan menyucikan air, sesuai dengan local wisdom di Bali,”

Seketika.com, Denpasar – Pada Sabtu (18/5/2024) sore, lebih dari 2.000 delegasi dan peserta World Water Forum ke-10 akan bergabung dengan umat Hindu Bali untuk mengikuti ritual upacara Segara Kerthi di kawasan Pantai Bali Turtle Island Development (BTID), Denpasar. Dalam acara ini, para delegasi juga akan berpartisipasi dalam pelepasan 1.000 ekor tukik, 1.000 ekor burung, dan 5 ekor penyu.

Segara Kerthi adalah ritual yang mengekspresikan rasa syukur dan menjaga harmonisasi alam dengan menyucikan air hingga ke sumbernya.

Acara ini merupakan bagian dari Bali Nice, yang bertemakan “Merawat Air Melindungi Sarwa Prani”, atau merawat air untuk menjaga keseimbangan alam, termasuk flora dan fauna.

Upacara Segara Kerthi diadakan untuk memohon anugerah agar laut tetap bersih baik secara fisik (sekala) maupun spiritual (niskala), serta untuk kesuksesan penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Bali pada 18-25 Mei 2024.

Penari remaja akan menyambut para delegasi VVIP yang hadir. Selain itu, puluhan pelajar SMA akan membawa bendera dengan iringan baleganjur di sejumlah titik sepanjang jalur yang akan dilalui oleh para delegasi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sekaligus Ketua Harian Panitia Nasional Penyelenggara World Water Forum ke-10, Basuki Hadimuljono, menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Provinsi Bali yang memberikan kesempatan kepada para peserta untuk turut mengikuti prosesi ritual tersebut.