Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
Peristiwa

Banjir di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah: Puluhan Kepala Keluarga Terdampak

209
×

Banjir di Parigi Moutong, Sulawesi Tengah: Puluhan Kepala Keluarga Terdampak

Share this article

Seketika.com, Parigi Moutong – Banjir melanda Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Minggu, 19 Mei 2024, sekitar pukul 05.25 WITA. Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat menyebabkan Sungai Bainaan Barat meluap, mengakibatkan banjir yang merendam pemukiman warga di Desa Bainaa Barat, Kecamatan Tinombo.

Menurut laporan Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong, banjir setinggi 10 hingga 50 cm berdampak pada 50 Kepala Keluarga (KK).

Dari jumlah tersebut, 40 KK terpaksa mengungsi. Banjir juga menyebabkan kerusakan materil, termasuk 50 unit rumah yang terdampak dan satu unit jembatan yang rusak.

BPBD Kabupaten Parigi Moutong segera melakukan pendataan dan evakuasi warga yang terdampak.

Saat ini, kondisi banjir sudah mulai surut, dan warga mulai membersihkan rumah mereka. Namun, 40 KK yang mengungsi masih enggan kembali ke rumah karena khawatir akan banjir susulan.

Untuk mencegah terjadinya banjir di masa depan, BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk membangun sumur resapan, sistem tampungan di saluran primer, penampungan air hujan, pembangunan tanggul sungai, dan sistem polder, serta perbaikan saluran drainase.