Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
Gaya HidupKesehatan

Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

192
×

Bahaya Membersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Share this article
Cotton bud sangat umum digunakan untuk membersihkan telinga. Namun ternyata ada sederet bahaya membersihkan telinga dengan cotton bud.(Istockphoto/solidcolours)

Seketika.com, Jakarta – Membersihkan atau mengatasi rasa gatal di telinga dengan cotton bud memang mudah dilakukan. Namun, tindakan ini sebenarnya sangat berbahaya. Berikut adalah tiga bahaya utama menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga.

  1. Iritasi pada Saluran Telinga

Cotton bud dapat menyebabkan iritasi pada saluran telinga yang kering. Penggunaan cotton bud dapat menghilangkan lapisan pelindung kotoran telinga, yang sebenarnya berfungsi sebagai mekanisme pertahanan alami.

Ketika lapisan pelindung ini hilang, lingkungan di dalam telinga menjadi lebih rentan terhadap perkembangan bakteri. Iritasi ini bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan yang lebih parah.

Jika telinga terasa gatal, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk memastikan tidak ada kondisi yang mempengaruhi fungsi telinga, seperti eksim, dermatitis, atau otitis eksterna yang memerlukan pengobatan.

  1. Mendorong Kotoran Telinga Lebih Dalam

Alih-alih membersihkan, penggunaan cotton bud justru dapat mendorong kotoran telinga lebih dalam ke saluran telinga. Hal ini dapat menyebabkan penyumbatan yang mengakibatkan gangguan pendengaran sementara.

Mendorong kotoran lebih dekat ke gendang telinga juga bisa menyebabkan kotoran menempel pada membran yang rapuh tersebut, membuatnya sangat sulit dan berisiko untuk dibersihkan, bahkan oleh profesional.

Penggunaan cotton bud di telinga dapat menyebabkan kecelakaan seperti tergelincir atau tersenggol, yang bisa berakibat fatal.