Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
BisnisPemerintahan

Peresmian Bendungan Pamukkulu oleh Jokowi Tingkatkan Pertanian Sulsel

166
×

Peresmian Bendungan Pamukkulu oleh Jokowi Tingkatkan Pertanian Sulsel

Share this article
Peresmian Bendungan Pamukkulu oleh Jokowi Tingkatkan Pertanian Sulsel, Foto:BPMI Setpres/Muchlis Jr

Seketika.com, Takalar – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meresmikan Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan pada Jumat, (5/7/2024). Presiden Jokowi berharap pembangunan bendungan ini dapat meningkatkan produktivitas pertanian di daerah tersebut

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya air sebagai sumber kehidupan yang tidak hanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari tetapi juga vital bagi produktivitas pertanian.

“Semua negara produktivitas pertaniannya turun, produksi berasnya menurun, dan ada potensi 500 juta orang akan kelaparan di seluruh dunia. Air menjadi hal yang sangat penting,” ujar Presiden.

Bendungan Pamukkulu mulai dibangun sejak tahun 2017 dengan biaya sebesar Rp1,6 triliun. Bendungan ini memiliki kapasitas tampung sebesar 82 juta meter kubik dan area genangan seluas 460 hektare.

“Kita lihat nanti manfaatnya akan sangat besar, terutama bagi masyarakat di Kabupaten Takalar, baik untuk nanti air baku, baik untuk pembangkit tenaga listrik, baik untuk mereduksi/mengurangi banjir dan yang paling penting adalah untuk irigasi kita mengairi sawah-sawah yang ada di Kabupaten Takalar dan sekitarnya,” jelas Presiden Jokowi.