Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
BolaOlahraga

Lamine Yamal Tak Masuk Skuad Timnas Spanyol untuk Olimpiade Paris 2024, Ini Alasannya

286
×

Lamine Yamal Tak Masuk Skuad Timnas Spanyol untuk Olimpiade Paris 2024, Ini Alasannya

Share this article
Aksi Lamine Yamal saat membela Timnas Spanyol di ajang Piala Eropa 2024. (Foto: UEFA).

Seketika.com, Jakarta – Lamine Yamal, bintang muda Barcelona, tidak masuk dalam skuad Timnas Spanyol untuk berlaga di cabang olahraga (cabor) sepak bola putra Olimpiade Paris 2024. Pemain berusia 16 tahun itu membeberkan alasan di balik keputusannya untuk tidak membela Spanyol dalam pesta olahraga terbesar di dunia tersebut.

Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) merilis daftar 22 pemain yang akan tampil di Olimpiade Paris pada Jumat (19/7/2024). Meskipun terdapat dua pemain yang bermain untuk tim senior pada Piala Eropa 2024, nama Lamine Yamal tidak termasuk di dalamnya.

Yamal sebenarnya memenuhi syarat untuk tampil di Olimpiade musim panas ini mengingat usianya yang masih di bawah 23 tahun. Namun, jadwal pertandingan yang terlalu padat membuatnya tidak dipanggil oleh pelatih Denia.

Dalam wawancaranya dengan media Spanyol Mundo Deportivo pada Sabtu (20/7/2024), Yamal menegaskan bahwa tidak bijaksana untuk bermain di Piala Eropa dan Olimpiade secara berurutan. Ia menyadari risiko besar yang bisa mengintai bila seorang pemain berlaga di dua turnamen besar dalam waktu berdekatan.

“Tidak akan bijak bila berpartisipasi di dua turnamen. Saya selalu mencoba menghindari tubuh saya agar tidak bekerja terlalu keras dan bermain terlalu berlebihan,” ujar Lamine Yamal, dikutip dari Mundo Deportivo.

Yamal belajar dari pengalaman Pedri, yang sempat tampil mengesankan di Piala Eropa 2020 dan kemudian ikut serta di Olimpiade 2020. Akibatnya, Pedri mengalami kelelahan dan cedera. Yamal masih memiliki kesempatan untuk tampil di Olimpiade Los Angeles 2028, di mana usianya baru 21 tahun dan masih memenuhi syarat usia untuk tampil di Olimpiade.

Di Olimpiade Paris 2024, Spanyol U-23 berada di Grup C bersama Uzbekistan, Mesir, dan Republik Dominika. La Rojita akan memulai turnamen dengan menghadapi Uzbekistan di Parc des Princes pada Rabu (24/7/2024) mendatang.

Skuad Lengkap Spanyol U-23 untuk Olimpiade Paris 2024: