InternasionalPolitik

Deklarasi Beijing: Langkah Baru dalam Persatuan Palestina

141
×

Deklarasi Beijing: Langkah Baru dalam Persatuan Palestina

Share this article
Rekonsiliasi antar-faksi Palestina dan menyaksikan penandatanganan deklarasi tentang mengakhiri perpecahan dan memperkuat persatuan oleh 14 faksi Palestina di Beijing, Tiongkok, pada 23 Juli 2024. Foto:Xinhua

Seketika.com, Beijing – Para pemimpin dunia dan pakar internasional menyambut baik penandatanganan Deklarasi Beijing oleh 14 faksi Palestina di Beijing, serta memuji peran China dalam mempromosikan persatuan nasional Palestina.

Penandatanganan Deklarasi Beijing tentang Mengakhiri Perpecahan dan Memperkuat Persatuan Nasional Palestina dianggap sebagai “langkah positif tambahan” oleh Hamas.

Deklarasi ini dilihat sebagai solusi nasional yang ideal bagi situasi Palestina pascakonflik, kata Hamas pada hari Selasa.

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, juga menyambut baik deklarasi ini. Stephane Dujarric, juru bicara Sekjen PBB, mengatakan bahwa Guterres “mendorong semua faksi untuk mengatasi perbedaan mereka melalui dialog dan menindaklanjuti komitmen yang dibuat di Beijing.”

Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, menegaskan bahwa menyatukan berbagai faksi Palestina di bawah Deklarasi Beijing adalah langkah penting untuk mewujudkan hak-hak rakyat Palestina.

“Saya berharap deklarasi persatuan ini dapat menghasilkan hasil nyata di lapangan dan mampu menghadapi tantangan di masa mendatang,” kata Anwar.

Abdel Mohdy Motawe, peneliti dari Kairo dan direktur eksekutif Forum Timur Tengah untuk Studi Strategis dan Keamanan Nasional, menyatakan bahwa pembicaraan di Beijing, yang melibatkan 14 faksi Palestina dengan posisi seimbang, menjadi dasar untuk mengakhiri perpecahan.

Abu Bakr Al-Deeb, penasihat Pusat Penelitian dan Studi Arab yang berpusat di Kairo, menekankan pentingnya langkah ini dalam mengakhiri perpecahan dan memperkuat persatuan nasional dalam kerangka Organisasi Pembebasan Palestina.