BisnisPeristiwa

Penyaluran BBM Bersubsidi dengan QR Code Di JAMALI dan Non JAMALI

145
×

Penyaluran BBM Bersubsidi dengan QR Code Di JAMALI dan Non JAMALI

Share this article
Penyaluran BBM Bersubsidi Pertalite dan Solar Tepat Sasaran dengan QR Code di Jawa, Madura, Bali, dan Wilayah Non-JAMALI, Foto:Ilustrasi/Kemendag

Seketika.com, Jakarta – Pertamina Patra Niaga terus mengupayakan penyaluran BBM bersubsidi yang tepat sasaran dan tepat kuota melalui perluasan proses pendataan transaksi pengguna Pertalite berbasis QR di wilayah Jawa, Madura, Bali (JAMALI) serta beberapa wilayah Non-JAMALI seperti Kepulauan Riau, NTT, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Penerapan QR Code akan dilakukan secara bertahap, dengan saat ini masih dalam tahap sosialisasi dan pendaftaran registran.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Seketika.com, pada Jumat (26/7/2024), Pejabat Sementara (Pjs) Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Heppy Wulansari menyampaikan bahwa, seperti pada penerapan full cycle di Solar Subsidi, pengguna BBM Pertalite roda empat diminta melakukan pendaftaran Program Subsidi Tepat melalui website subsiditepat.mypertamina.id.

“Pendaftaran Program Subsidi Tepat masih terus dibuka. Konsumen perlu menyiapkan dokumen seperti foto KTP, foto diri, foto STNK (depan dan belakang), foto kendaraan tampak keseluruhan, foto kendaraan tampak depan nomor polisi, dan foto KIR bagi kendaraan yang menggunakannya,” ujar Heppy.

Tahap pendaftaran ini fokus untuk mencocokkan data yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki.

Setelah terdaftar, masyarakat akan mendapatkan QR Code unik melalui email atau notifikasi di website subsiditepat.mypertamina.id.

Untuk kemudahan, QR Code bisa diprint dan dibawa ke SPBU, sehingga tidak wajib mengunduh aplikasi MyPertamina atau membawa handphone ke SPBU.

Mekanisme ini saat ini khusus untuk kendaraan roda empat (mobil).