Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
PemerintahanPeristiwa

Presiden Jokowi Luncurkan Kawasan Wanagama Nusantara di IKN

25
×

Presiden Jokowi Luncurkan Kawasan Wanagama Nusantara di IKN

Share this article
Presiden Jokowi Luncurkan Kawasan Wanagama Nusantara di IKN, foto:(BPMI Setpres)

Seketika.com, Penajam Paser Utara – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan sekaligus pencanangan Kawasan Wanagama Nusantara yang terletak di Zona Rimba Kota B, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Ibu Kota Nusantara (IKN) pada pada Jumat (13/09/2024). Pencanangan ini merupakan langkah strategis pemerintah dalam memperkuat kelestarian lingkungan dan pendidikan berkelanjutan di IKN.

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. dr. Ova Emilia, menjelaskan bahwa Wanagama Nusantara adalah bagian dari strategi besar pengelolaan hutan dan restorasi yang diterapkan di Kalimantan.

Hutan ini akan berfungsi sebagai pusat pendidikan dan penelitian tentang keberlanjutan dan perubahan iklim.

“Wanagama Nusantara adalah ekosistem yang mereplikasi model Wanagama di Yogyakarta, fokus pada restorasi dan reforestasi hutan yang diharapkan bisa diterapkan di Kalimantan,” ujar Prof. Ova Emilia.

Dalam acara tersebut, Presiden Jokowi menyaksikan penandatanganan kerja sama antara Plt. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Basuki Hadimuljono, dan Universitas Gadjah Mada yang diwakili oleh Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia.

Kerja sama ini bertujuan membangun ekosistem lingkungan yang berkelanjutan di Wanagama Nusantara, terinspirasi dari konsep Wanagama UGM di Yogyakarta.