Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
PemerintahanPeristiwa

Badan Geologi ESDM Kirim Tim Siaga Bencana Tindak Lanjuti Gempa 5,0 di Bandung

26
×

Badan Geologi ESDM Kirim Tim Siaga Bencana Tindak Lanjuti Gempa 5,0 di Bandung

Share this article
Tim Siaga Bencana ESDM Tindak Lanjuti Gempa 5,0 di Bandung, Foto:(x/Ilham_a_habibie)

Seketika.com, Jakarta – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengirimkan Tim Siaga Bencana ke lokasi terdampak gempa magnitudo 5,0 yang terjadi di Bandung. Menurut informasi dari laman resmi Kementerian ESDM pada Kamis (19/9/2024), gempa ini disebabkan oleh aktivitas sesar aktif dan diperkirakan tidak akan memicu sesar permukaan atau bahaya ikutan seperti retakan tanah, penurunan tanah, gerakan tanah, dan likuefaksi.

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Muhammad Wafid, menyatakan, “Tim Siaga Bencana Badan Geologi telah tiba di lokasi terdampak untuk melakukan pemeriksaan, mencari penyebab gerakan tanah, memberikan rekomendasi teknis penanganan bencana, serta mensosialisasikan kondisi gempa kepada masyarakat.”

Tim Siaga Bencana terdiri dari anggota Tim Saintis dan Tim Humas yang bekerja sama untuk mengumpulkan informasi mengenai dampak gempa.

Menurut laporan, gempa ini telah menyebabkan kerusakan pada dua fasilitas kesehatan, dua gedung pemerintah di Kabupaten Bandung, serta rumah penduduk di Desa Cihawuk, Desa Cibeureum, dan Desa Tarumajaya.

“Permukiman yang terdampak gempa umumnya berada di kawasan rawan bencana gempa bumi menengah. Kami juga memastikan bahwa kejadian ini tidak memicu tsunami, karena pusat gempa berada di darat,” jelas Wafid.

Wafid mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.