Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
PendidikanPeristiwa

Kak Budi dan Si Sole Hibur Ribuan Anak di Banda Aceh dengan Dongeng

14
×

Kak Budi dan Si Sole Hibur Ribuan Anak di Banda Aceh dengan Dongeng

Share this article
Kak Budi dan Si Sole Hibur Ribuan Anak di Banda Aceh dengan Dongeng, foto:(acehprov)

Seketika.com, Bola – Pendongeng nasional Kak Budi, bersama bonekanya Si Sole, berhasil menghibur ribuan anak dari berbagai jenjang pendidikan PAUD, TK, SD, hingga SMP di kantor Dinas Syariat Islam Aceh, Banda Aceh pada Sabtu (28/9/2024). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pokja Bunda PAUD bekerja sama dengan Himpaud Kecamatan Syiah Kuala, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tema “Meneladani Kasih Sayang Rasulullah kepada Sesama Muslim”. Program ini juga berkolaborasi dengan Komunitas Negeri Langit melalui acara bertajuk Cerita Langit.

Yekki Yasmin, Bunda PAUD Banda Aceh, menekankan pentingnya dongeng sebagai alat untuk membangun ikatan antara orang tua dan anak. “Dongeng seperti ini tidak hanya menghibur, tetapi juga mengajarkan kejujuran, keberanian, dan nilai-nilai positif lainnya kepada anak-anak,” ujarnya.

Kak Budi, pendongeng asal Medan, Sumatera Utara, telah menjelajahi berbagai wilayah di Indonesia untuk menyampaikan cerita-cerita inspiratif, termasuk kisah para sahabat Rasulullah.

Dalam dua tahun terakhir, ia mendalami seni mendongeng dan ventriloquist teknik menggunakan boneka untuk memberikan warna pada cerita.

“Media boneka sangat diterima oleh anak-anak, terutama jika karakter tersebut berbentuk manusia. Ini membuat pesan cerita lebih mudah diterima dibandingkan dengan karakter hewan. Boneka yang berbicara seolah menjadi teman anak-anak, menciptakan interaksi yang lebih nyata,” jelas Kak Budi.

Dalam penampilannya, Kak Budi tidak hanya bercerita, tetapi juga memukau anak-anak dengan berbagai ekspresi dan suara, membuat setiap karakter terasa hidup.