Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
PemerintahanPeristiwa

Presiden Jokowi Memimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 di Lubang Buaya

22
×

Presiden Jokowi Memimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 di Lubang Buaya

Share this article
Presiden Jokowi Memimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 di Lubang Buaya, foto:(setneg)

Seketika.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Upacara ini berlangsung di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta pada Selasa, 1 Oktober 2024, dan dihadiri oleh berbagai tokoh penting.

Presiden Jokowi tiba di lokasi sekitar pukul 07.45 WIB, di mana ia menerima laporan dari perwira upacara, Brigjen TNI Edi Saputra, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta.

Rangkaian upacara dimulai dengan salam kebangsaan dan penghormatan kebesaran, diikuti laporan komandan upacara, Kombes Pol I Ketut Gede Adi Wibawa, kepada Presiden.

Upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh inspektur upacara. Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Bambang Soesatyo, membacakan naskah Pancasila, diikuti oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah, La Nyalla Matalitti, yang membacakan Pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945.

Kemudian, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Puan Maharani, membacakan dan menandatangani naskah ikrar. Upacara ditutup dengan doa bersama yang dibacakan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.