Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
InternasionalPeristiwa

Banjir dan Tanah Longsor di Bosnia: 14 Orang Tewas, Jablanica Terparah

17
×

Banjir dan Tanah Longsor di Bosnia: 14 Orang Tewas, Jablanica Terparah

Share this article
Banjir dan Tanah Longsor di Bosnia 14 Orang Tewas, Jablanica Terparah, foto:(reuters)

Seketika.com, Internasional – Banjir akibat hujan deras yang melanda Bosnia dan Herzegovina telah menyebabkan bencana besar, menewaskan sedikitnya 14 orang dan meninggalkan banyak lainnya hilang (4/10/2024).

Kota Jablanica, yang terletak sekitar 70 km barat daya ibu kota Sarajevo, menjadi wilayah yang paling parah terkena dampak dari fenomena alam ini. Menurut pihak berwenang, hujan lebat selama 24 jam terakhir telah menghancurkan rumah, jalan, dan jembatan di tengah negara tersebut.

Jablanica mengalami kerusakan parah akibat banjir yang terburuk sejak 2014. Darko Jukan, juru bicara kepresidenan antaretnis Bosnia, melaporkan bahwa setidaknya 14 orang ditemukan tewas di daerah tersebut, dan jumlah korban diperkirakan akan meningkat.

Banyak rumah hancur menjadi puing-puing akibat tanah longsor, menambah penderitaan warga yang sudah terdampak.

Rekaman drone yang disiarkan di media Bosnia menunjukkan desa-desa dan kota-kota terendam seluruhnya oleh air.

Video di jejaring sosial juga menampilkan pemandangan dramatis berupa hujan lumpur dan jalanan yang rusak. Kota Kiseljak di Bosnia bagian tengah juga mengalami banjir setelah sungai meluap, dengan air berwarna cokelat membasahi pintu-pintu rumah dan tempat usaha.