Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
KampusPeristiwaTeknologi

Mahasiswa UIN Sumut Raih Prestasi Nasional dengan Inovasi ‘Tong Sampah Pintar’

9
×

Mahasiswa UIN Sumut Raih Prestasi Nasional dengan Inovasi ‘Tong Sampah Pintar’

Share this article
Mahasiswa UIN Sumut Raih Prestasi Nasional dengan Inovasi Tong Sampah Pintar, foto:(tfi.kse)

Seketika.com, Jakarta – Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) kembali mencetak prestasi di tingkat nasional. Dhimas Kurniawan, mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumut, berhasil meraih Beasiswa Produk Inovatif TFI-KSE 2024 yang diselenggarakan oleh Yayasan Karya Salemba Empat (KSE) dan didanai oleh Give2Asia.

“Alhamdulillah, melalui inovasi ‘Tong Sampah Pintar’, saya dapat mengharumkan nama UIN Sumut di kancah nasional. Semoga ini bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya,” ungkap Dhimas Kurniawan di Medan, Kamis (3/10/2024).

Dhimas menjelaskan bahwa ‘Tong Sampah Pintar’ memiliki kemampuan untuk membedakan antara tempat pembuangan sampah organik dan non-organik tanpa adanya sentuhan manusia.

Alat ini beroperasi menggunakan sensor yang secara otomatis menginstruksikan tempat sampah setelah mendeteksi jenis sampah yang akan dibuang. Cuplikan produk dapat dilihat melalui link berikut: Tong Sampah Pintar.

Pada bulan Mei 2024, Dhimas diundang untuk mengikuti Camp dan Implementasi Technology For Indonesia (TFI) di Hotel Sahid, Jakarta. Di sana, ia dan tim mendapatkan pembinaan dan pelatihan untuk pengembangan produk tersebut.

Kemudian, pada September hingga Oktober 2024, Dhimas kembali diundang untuk magang dalam proses pengembangan dan produksi alat tersebut sebagai contoh (Pilot) di Jakarta.