Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
BudayaPeristiwaTravel

Sedekah Laut Meriahkan Festival Pesisir dalam Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tangerang ke-392

24
×

Sedekah Laut Meriahkan Festival Pesisir dalam Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tangerang ke-392

Share this article
Sedekah Laut Meriahkan Festival Pesisir dalam Peringatan Hari Jadi Kabupaten Tangerang ke-392, foto:(tangerangkab)

Seketika.com, Tangerang – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tangerang yang ke-392, prosesi adat Sedekah Laut atau Larung Laut digelar di Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, pada Minggu (06/10/2024). Acara ini merupakan bagian dari Festival Pesisir yang menarik perhatian masyarakat dan wisatawan.

Camat Teluk Naga, Zam Zam Manohara, menjelaskan bahwa prosesi Sedekah Laut merupakan ungkapan syukur masyarakat pesisir kepada Allah SWT atas rezeki melimpah dari laut, yang menjadi sumber penghidupan utama warga.

“Sedekah Laut bukan hanya sekadar tradisi, tetapi juga wujud rasa syukur kami atas hasil laut yang berlimpah. Tradisi ini telah berlangsung turun-temurun dan selalu ditunggu masyarakat,” ungkap Zam Zam.

Dalam prosesi ini, hasil bumi dilarung ke laut sebagai simbol penghormatan dan harapan akan keselamatan serta keberkahan bagi para nelayan.

Selain itu, tradisi ini juga dianggap sebagai cara untuk menjaga keseimbangan alam dan menghormati laut sebagai sumber kehidupan.

“Melalui prosesi ini, kami ingin mengingatkan generasi muda tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dan menghormati tradisi leluhur yang kaya makna. Ini adalah warisan yang harus kita pertahankan,” tambah Zam Zam.