BisnisPemerintahanPeristiwa

Pjs Bupati Bandung Terima Kunjungan Bappenas dan World Bank Bahas Pertanian Terintegrasi

23
×

Pjs Bupati Bandung Terima Kunjungan Bappenas dan World Bank Bahas Pertanian Terintegrasi

Share this article
Pjs Bupati Bandung Terima Kunjungan Bappenas dan World Bank Bahas Pertanian Terintegrasi, foto:(bandungkab)

Seketika.com, Bandung – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Bandung, Dikky Achmad Sidik, menerima kunjungan tim dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan World Bank pada Senin, 7 Oktober 2024. Kunjungan ini bertujuan untuk membahas pengembangan pertanian terintegrasi di Kabupaten Bandung, berlangsung di Ruang Rapat Pjs Bupati Bandung di Soreang.

Setelah sesi pembahasan, Pjs Bupati didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung, Cakra Amiyana, dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), Zeis Zultaqawa, langsung meninjau lokasi pengembangan dan pengelolaan irigasi. Kunjungan dilakukan di Lembaga Perkumpulan Petani Pemakai Air (LP3A) Daerah Irigasi (D.I) Ciherang, Kecamatan Cangkuang.

“Kami berharap kunjungan lapangan ini memberikan gambaran yang jelas mengenai pentingnya irigasi dalam mendukung sektor pertanian di Kabupaten Bandung,” ujar Dikky Achmad Sidik.

Kunjungan ini juga bertujuan untuk melihat secara langsung pengelolaan dan pemanfaatan irigasi dari Bendungan Hantap Ciherang dalam mendukung ketahanan pangan daerah.

Dikky menambahkan, “Ke depan, kami akan mengumpulkan seluruh kajian terkait ketahanan pangan dan tata ruang lahan pertanian. Hal ini akan kami review untuk membahas usulan kepada Bappenas dan World Bank dengan tema pertanian terintegrasi.”

Untuk mewujudkan penyediaan dan pengaturan irigasi yang lebih baik, Pemkab Bandung telah mengambil langkah konkret dengan membentuk Komisi Irigasi Kabupaten Bandung melalui Keputusan Bupati Nomor 611/Kep.150-Bapelitbangda/2023.