BisnisPeristiwa

Pertamina Dorong UMKM Go Global, 3 Mou Ditandatangani Pada Trade Expo Indonesia 2024

27
×

Pertamina Dorong UMKM Go Global, 3 Mou Ditandatangani Pada Trade Expo Indonesia 2024

Share this article
Pertamina Dorong UMKM Go Global, 3 Mou Ditandatangani Pada Trade Expo Indonesia 2024, foto:(pertamina)

Seketika.com, Tangerang – PT Pertamina (Persero) berkomitmen mengantarkan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Go Global, yang ditandai dengan penandatanganan tiga Nota Kesepahaman (MoU) pada hari pertama Trade Expo Indonesia (TEI) 2024, di Tangerang, Rabu (9/10/2024).

UMKM Haluan Bali menjalin kerja sama dengan buyer dari Belanda, sementara UMKM Bawadi dan Bali Honey berkolaborasi dengan buyer dari Malaysia.

Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo di Hall Nusantara, Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Dalam sambutannya, Presiden menekankan tantangan global yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan pentingnya inovasi dalam memasarkan produk Indonesia di pasar internasional.

“Kita sebagai negara dengan pasar besar, dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia, harus mampu melindungi pasar domestik dan memasarkan produk kita secara luas,” ungkap Presiden, yang dikutip dari siaran pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

TEI merupakan ajang pameran produk Indonesia terbesar yang memfasilitasi kerjasama ekspor, menampilkan beragam produk makanan, minuman, agrikultur, manufaktur, perlengkapan rumah tangga, dan kerajinan khas Indonesia.