BisnisPeristiwa

KAI Commuter Siapkan 1.048 Perjalanan Khusus untuk Pelantikan Presiden RI

10
×

KAI Commuter Siapkan 1.048 Perjalanan Khusus untuk Pelantikan Presiden RI

Share this article
KAI Commuter Siapkan 1.048 Perjalanan Khusus untuk Pelantikan Presiden RI, foto(iseketika)

Seketika.com, Jakarta – KAI Commuter akan mengoperasikan layanan kereta api Commuter Line Jabodetabek dengan pola operasi yang diperluas pada akhir pekan ini, khususnya pada 19-20 Oktober 2024. Langkah ini diambil sehubungan dengan momen penting Pelantikan Presiden RI, yang diharapkan akan meningkatkan jumlah penumpang.

Sebagai antisipasi, KAI Commuter menyiapkan 1.048 perjalanan, meningkat dari 962 perjalanan normal. Ini bertujuan untuk mendukung mobilitas masyarakat yang akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang baru.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, memperkirakan peningkatan jumlah pengguna Commuter Line Jabodetabek sebesar 45% dibandingkan rata-rata pengguna pada hari Minggu.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, seperti pada perayaan HUT TNI 5 Oktober lalu yang juga mengalami lonjakan sekitar 45-50%, total pengguna diperkirakan akan melebihi 1 juta orang. Hal ini akan menyebabkan kepadatan di stasiun-stasiun utama, seperti Stasiun Sudirman, BNI City, Manggarai, dan Tanah Abang.

Di Stasiun Sudirman, diperkirakan ada lonjakan pengguna mencapai 25-33 ribu orang. Sementara di Stasiun BNI City, diprediksi ada tambahan 2.200 orang.

Stasiun Manggarai diprediksi akan melayani 242 ribu orang, meningkat 62%, dan Stasiun Tanah Abang diperkirakan akan melayani 137 ribu orang, meningkat 37%.