PeristiwaPolitik

DPR RI Setujui Muhammad Herindra sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (Kepala BIN)

7
×

DPR RI Setujui Muhammad Herindra sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (Kepala BIN)

Share this article
DPR RI Setujui Muhammad Herindra sebagai Kepala Badan Intelijen Negara Kepala BIN, foto(dpr)

Seketika.com, Jakarta – Dalam Rapat Paripurna ke-4 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025, DPR RI resmi menyetujui Muhammad Herindra sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (KaBIN), menggantikan Budi Gunawan. Keputusan ini diambil setelah tim DPR, yang terdiri dari Pimpinan DPR dan perwakilan dari delapan fraksi, melaksanakan fit and proper test pada Rabu (16/10).

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan, “Setelah mendengarkan pandangan dari fraksi-fraksi, tim DPR RI memutuskan bahwa calon Kepala Badan Intelijen Negara, saudara Muhammad Herindra, layak untuk menjabat sebagai KaBIN menggantikan saudara Budi Gunawan.” Pernyataan ini disampaikan di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, pada Kamis (17/10/2024).

Setelah laporan tim DPR disampaikan, Ketua DPR RI, Dr. (H.C) Puan Maharani, mengetuk palu sidang, menandakan persetujuan seluruh peserta sidang atas kelayakan Muhammad Herindra.

Agenda sidang kemudian dilanjutkan dengan pemberhentian tim DPR RI terkait pemberian pertimbangan atas pengangkatan dan pemberhentian Kepala BIN.

Sebagai informasi, Muhammad Herindra adalah purnawirawan tinggi TNI yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan di bawah Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto.