PemerintahanPeristiwaPolitik

Pidato Pertama Presiden Prabowo Subianto: Dukungan Indonesia terhadap Rakyat Palestina

5
×

Pidato Pertama Presiden Prabowo Subianto: Dukungan Indonesia terhadap Rakyat Palestina

Share this article
Pidato Pertama Presiden Prabowo Subianto Dukungan Indonesia terhadap Rakyat Palestina, foto(yt/SekretariatPresiden)

Seketika.com, Jakarta – Presiden Prabowo Subianto menegaskan komitmen penuh Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina dalam meraih kemerdekaan. Dengan mengedepankan prinsip anti-penjajahan, anti-penindasan, dan solidaritas global, Indonesia terus berupaya memperjuangkan hak-hak rakyat Palestina, terutama dalam situasi yang semakin memburuk akibat konflik yang berkepanjangan.

Dalam pidato pertamanya setelah dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia pada 20 Oktober 2024 di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD Jakarta, Presiden Prabowo menyatakan, “Kita punya prinsip, kita harus solider, kita harus membela rakyat-rakyat yang tertindas di dunia ini. Karena itu kita mendukung kemerdekaan rakyat Palestina.”

Presiden Prabowo menyoroti upaya Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan sebelumnya, yaitu Presiden Joko Widodo, yang telah aktif mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Palestina.

Ia menjelaskan bahwa Indonesia telah mengirimkan tenaga medis untuk membantu di wilayah Gaza dan Rafah.

“Hari ini, kita memiliki tenaga medis yang bekerja di Gaza dan Rafah, meskipun risiko yang mereka hadapi sangat tinggi. Dokter dan perawat kita telah bekerja sama dengan rekan-rekan dari Uni Emirat Arab,” tambahnya.

Selain itu, Presiden Prabowo juga menyampaikan kesiapan Indonesia untuk mengirimkan bantuan tambahan serta mengevakuasi korban perang, termasuk anak-anak yang mengalami trauma.