PemerintahanPeristiwaPolitik

Pidato Pertama Presiden Prabowo Subianto: Menghormati Pahlawan dan Membangun Indonesia yang Lebih Baik

3
×

Pidato Pertama Presiden Prabowo Subianto: Menghormati Pahlawan dan Membangun Indonesia yang Lebih Baik

Share this article
Pidato Pertama Presiden Prabowo Subianto Menghormati Pahlawan dan Membangun Indonesia yang Lebih Baik, foto:(yt/SekretariatPresiden)

Seketika.com, Jakarta – Presiden Prabowo Subianto memberikan penghormatan dan apresiasi kepada para pahlawan dan pemimpin bangsa yang telah berkontribusi besar dalam pembangunan Indonesia. Penghormatan ini disampaikan dalam pidato pertamanya setelah pengucapan sumpah sebagai Presiden Republik Indonesia untuk masa jabatan 2024-2029, di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta, pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Dalam pidatonya, Presiden Prabowo mengingatkan pentingnya berterima kasih kepada generasi pembebas, termasuk Bung Karno, Bung Hatta, dan pahlawan lainnya seperti I Gusti Ngurah Rai, Kapitan Pattimura, Sultan Hasanuddin, Teuku Umar, dan Cut Nyak Dien. “Mereka telah membayarsaham kemerdekaan dengan darah dan air mata,” ujarnya.

Presiden Prabowo juga memberikan penghormatan khusus kepada Bung Karno, proklamator sekaligus Presiden pertama Indonesia, yang meletakkan dasar negara Pancasila.

Selain itu, ia mengapresiasi Presiden Soeharto yang telah menjaga dan mengamankan ideologi Pancasila, serta meletakkan fondasi bagi Indonesia modern.

Dalam pidatonya, Presiden Prabowo menyoroti kontribusi Presiden B.J. Habibie dalam membawa Indonesia ke era teknologi dan pengetahuan. Ia juga menghargai Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan inklusivitas.

Selain itu, Presiden Prabowo mengakui peran Presiden Megawati Soekarnoputri dalam mengatasi krisis ekonomi pasca-krisis 1998, serta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang berhasil memimpin Indonesia melalui berbagai krisis, termasuk tsunami, dan menyelesaikan konflik di Aceh.