ArtisPemerintahan

Giring Ganesha dari Penyanyi, Aktor hingga Wakil Menteri Kebudayaan di Kabinet Merah Putih

51
×

Giring Ganesha dari Penyanyi, Aktor hingga Wakil Menteri Kebudayaan di Kabinet Merah Putih

Share this article
Giring Ganesha dari Penyanyi, Aktor hingga Wakil Menteri Kebudayaan di Kabinet Merah Putih

Seketika.com Jakarta – Giring Ganesha, mantan vokalis band Nidji yang kini terjun ke dunia politik, secara resmi ditunjuk sebagai Wakil Menteri Kebudayaan dalam pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Pengumuman tersebut dilakukan pada Senin (20/10/2024) di Istana Kepresidenan.

“Giring Ganesha Djumaryo Wakil Menteri Kebudayaan,” ungkap Presiden Prabowo di hadapan media saat pelantikan para menteri dan wakil menteri kabinet barunya.

Setelah dikenal luas sebagai musisi, Giring memilih jalur politik dan bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Ia sempat menjabat sebagai Ketua Umum PSI pada periode 2019-2023, menggantikan Grace Natalie. Selama masa kepemimpinannya, PSI berfokus pada isu-isu kepemudaan dan integritas dalam pemerintahan. Namun, pada akhir masa jabatan, Giring menyerahkan posisi Ketua Umum kepada Kaesang Pangarep dan kini berperan sebagai pembina partai.

Jabatan baru sebagai Wakil Menteri Kebudayaan, Giring akan bekerja berdampingan dengan Fadli Zon, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, yang juga ditunjuk sebagai Menteri Kebudayaan.Giring Ganesha lahir di Jakarta pada 14 Juli 1983. Sebelum masuk dunia politik, Giring dikenal sebagai ikon musik Indonesia melalui band Nidji.

Dalam dunia pendidikan, ia menyelesaikan SMA di SMAN 34 Jakarta pada tahun 2002 dan sempat menempuh pendidikan jurusan Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Paramadina. Meski studinya sempat tertunda karena fokus pada karir musik, Giring akhirnya menyelesaikan pendidikan dan meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Terbuka pada 18 April 2023.