Peristiwatokoh

Profil Kombes Ahrie Sonta Salah Satu Ajudan Presiden Prabowo Subianto

4
×

Profil Kombes Ahrie Sonta Salah Satu Ajudan Presiden Prabowo Subianto

Share this article
Profil Kombes Ahrie Sonta Salah Satu Ajudan Presiden Prabowo Subianto, foto(x/mazzini_gsp)

Seketika.com, Jakarta – Kombes Ahrie Sonta telah resmi diangkat sebagai ajudan Presiden Prabowo Subianto dari Polri. Saat ini, Ahrie sedang menjalani masa orientasi sebelum bertugas secara penuh dalam mendukung kepemimpinan presiden.

Penunjukan Kombes Ahrie menambah jajaran ajudan presiden dari TNI, di mana Kolonel Pnb Dr. Anton Pallaguna (TNI AU), Kolonel Wahyo Yuniartoto (TNI AD), dan Letkol (P) Romi Habe Putra (TNI AL) juga bertugas mendampingi Prabowo Subianto. Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengonfirmasi penunjukan Ahrie pada Rabu (23/10/2024).

“Sudah resmi (Kombes Ahrie Sonta), tinggal tunggu diaktifkan. Mungkin saat ini masih masa orientasi,” ujar Jenderal Sigit. Ahrie terpilih setelah mengikuti tes bersama enam peserta lainnya dari Polri.

Kombes Pol Dr. Ahrie Sonta N lahir di Bandung pada tahun 1981 dan merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 2002. Sebelum menjabat sebagai ajudan presiden, ia menjabat sebagai Sekpri Kapolri di Spripim Polri.

Ahrie telah menyelesaikan pendidikan di PTIK pada tahun 2009, Sespimmen pada 2016, dan Sespimti pada 2024 dengan predikat terbaik.

Kombes Ahrie memiliki pengalaman pendidikan internasional yang luas, termasuk pelatihan di Politie Academy di Apeldoorn, Belanda, serta Joint Special Operations University di Tampa, Florida, Amerika Serikat.

Ia juga meraih gelar S2 dan S3 dalam Ilmu Kepolisian dengan predikat cumlaude, menegaskan komitmennya terhadap pendidikan dan profesionalisme.