Scroll untuk baca Berita
Call Us banner 325x300
Gaya HidupKesehatan

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Ungkap Rebahan Bisa Picu Kanker Pankreas

538
×

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Ungkap Rebahan Bisa Picu Kanker Pankreas

Share this article
ilustrasi

“Kesadaran akan faktor-faktor risiko dan gejala kanker pankreas dapat menjadi langkah awal dalam pencegahan dan deteksi dini penyakit ini”

Seketika.com, Jakarta – Penyakit kanker pankreas baru-baru ini mencuri perhatian masyarakat Indonesia setelah menyebabkan meninggalnya mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli.

Sorotan terbesar jatuh pada faktor-faktor penyebab kanker pankreas dan bagaimana gaya hidup dapat memengaruhi kemunculannya.

Menurut penjelasan Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, seorang dokter spesialis penyakit dalam subspesialis Konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi, gaya hidup sedentary menjadi salah satu faktor risiko yang dapat memicu kanker pankreas, terutama pada orang usia muda.

Gaya hidup sedentary merujuk pada kurangnya aktivitas fisik yang menghasilkan sedikit kalori terbakar, seperti terlalu banyak waktu dihabiskan dalam posisi rebahan.

“Terus terang saja, gaya hidup sedentary yang artinya tadi jarang bergerak, makan tinggi lemak, ini, kan, gaya tren di beberapa anak muda. Makan steak daging setengah matang, kemudian minum alkohol dan merokok itu seperti budaya. Ini dia berisiko untuk terjadi kanker pankreas,” jelas Prof. Ari dalam temu media daring Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dikutip Cnbc Indonesia, Jumat (5/1/2024).

Leave a Reply